Tali Pancing Bukalapak

Bagi para pemancing pemula, membeli tali pancing maupun kebutuhan memancing lainnya tidak lain merupakan hal yang cukup membingungkan. Meskipun ada banyak jalur pertimbangan dalam pemilihan, namun pemancing profesional umumnya memilih tiga hal yang paling utama yaitu tergantung pada situasinya, pilih jenis tali atau senar pancing yang sesuai dengan lokasi Anda dan apa yang Anda akan pancing lalu tingkatkan keberhasilan Anda dalam hal memancing di arus sungai, samudera atau bahkan danau. Berikut ini adalah beberapa jenis tali untuk pancing dan keunggulannya masing-masing yang perlu Anda ketahui:

Tali Pancing Bukalapak

  • Anyaman/multifilamen.

Jenis ini dikenal karena kekuatannya, senar pancing satu ini memang dikenal sebagai senar yang paling kokoh, tertua dan paling tahan lama. Terdiri dari beberapa helai yang di anyam/dikepang sedemikian rupa dengan lapisan yang transparan untuk menambah kekuatan, senar pancing anyam merupakan jenis senar pancing yang paling populer dan cukup fleksibel untuk segala situasi. Gunakan senar pancing anyam sat Anda memancing dari kapal dengan arus air pasang atau jika Anda memancing umpan.

Senar pancing ini mudah dilemparkan, senar pancing anyam/multifilamen tidak meregang dan sangat cocok untuk acara seperti bass fishing. Jika Anda ingin memancing ikan yang lebih besar, pilihlah senar pancing anyam dengan tipe paling kuat dan kombinasikan dengan joran yang kokoh. Terbuat dari serat nilon, senar pancing multifilamen/anyam mungkin tidak dapat berpasangan dengan rol yang berputar disebabkan oleh torehan atau untaian yang berjumbai.

  • Monofilamen.

Populer di kalangan para pemancing karena warnanya yang terang, transparan dan mudah dilempar. Senar pancing monofilamen sangat cocok untuk umpan yang terapung. Senar pancing ini dapat dengan mudah dilipat dan tidak tenggelam. Monofilamen lebih tahan lama untuk digunakan di anak sungai atau sungai dimana banyak terdapat batu-batuan dan medan yang sulit, namun cukup ringan dan tidak mudah terlihat oleh ikan, bagaimanapun visibilitas ikan tersebut. Tali pancing ini terbuat dari serat monofilamen yang ringan, harganya terjangkau dan mudah dipergunakan.

Belilah senar monofilamen dalam berbagai warna dan tegangan dan gunakan joran yang sensitif untuk memancing di pantai atau pemancingan dangkal untuk meningkatkan keberhasilan. Senar pancing monofilamen dapat menahan abrasi dan torehan secara lebih baik daripada tipe braided/anyam/multifilamen, namun mungkin tidak sekuat jenis itu.

  • Fluorokarbon.

Senar pancing fluorokarbon kebal terhadap sinar UV, namun bukan itu satu-satunya keuntungan memiliki senar pancing tersebut. Senar pancing ini juga hampir tidak mudah terlihat oleh ikan, memberi pemancing keuntungan yang berbeda. Senar pancing fluorokarbon dapat bertahan lebih lama dari jenis senar pancing lainnya jadi sangat cocok bagi Anda seorang pemancing berbudget rendah. Namun senar pancing fluorokarbon tidak mengapung seperti garis monofilamen, jadi ingatlah hal tersebut ketikan memasangkan umpan pada senar. Senar yang kuat ini dapat bekerja dengan baik pada kelas memancing di perairan dalam serta umpan yang berat.

Tali pancing fluorokarbon memiliki kapasitas peregangan yang minimal serta lebih sensitif jika dibandingkan dengan kedua jenis senar pancing sebelumnya. Hal ini mungkin tidak akan dapat melawan keausan sebaik senar pancing monofilamen namun lebih mudah untuk dilemparkan dan kualitas refraktif-nya yang ringan membuatnya menjadi salah satu pilihan senar pancing terfavorit di toko alat-alat pancing, toko online jual aneka peralatan pancing maupun di situs belanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *